Perjalanan Menjadi ARMY

I’m back to my “home”!

Alasan tak kunjung update blog itu bukan karena sibuk dengan kehidupan baru maupun kehidupan lama, atau karena lagi enggak punya ide mau curhat apa, alasan utamanya karena belum bayar wifi :’) . Karena sudah bayar wifi, sekarang gue bisa update blog, curhat panjang lebar di sini dan tentunya “ngidol” berfaedah. Uch I miss you all, but you not miss me. I know it man~

Bukannya anti K-POP tapi dulu gue itu enggak suka K-POP dan lebih suka jejepangan. Sampai sekarang gue masih suka jejepangan sih, cuma nambah jadi suka korean juga. Di postingan sebelumnya gue sempat cerita tentang FABA (Fakta Bahasa) dan gue masuk kelas bahasa Korea, bukan karena gue sudah masuk ke dunia K-POP tapi karena memang tertarik sama bahasanya terutama huruf Korea yang enggak kalah “menggairahkan” dari huruf-huruf Jepang. Oke, di atas gue sempet bilang kalau gue multi fandom dan sudah mengakui masuk ke dalam dua fandom, yang pertama adalah BOICE. Ini juga sudah gue ceritain gimana bisa masuk ke sini bahkan gue sempet juga ikut semacam pertemuan BOICE DEPOK gitu dan i’m so blessed.

Bahasa yang mau gue gunakan kali ini bukan bahasa formal. Karena itu gue pakai kata “gue-elu” mungkin saja ada yang mau stalker’in gue? #kedipmata. Dari pada banyak intro, gue mau cerita di posting’an ini kenapa gue sekarang bisa “masuk” ke dunia K-POP bahkan multi fandom. OMG! Gue sendiri masih belum percaya kalau gue sudah masuk ke dua fandom dan gue mau mengakui hal itu.

Perjalanan menjadi ARMY? ARMY? Army? Tentara? Tenang, bukan itu. Army di sini itu nama fandom dari boyband asal Korea Selatan yang bernama BTS (Bangtan Sonyeondan). Sebelum menjadi BOICE pun gue sudah enggak asing dengan nama BTS tapi ya sama sekali belum tertarik untuk dengar lagu Korea. Walau banyak yang “menghasut”. Waktu gue penelitian si salah satu SMP di kota Depok pun anak-anak banyak yang “nawarin” gue untuk melihat mv BTS tapi lagi lagi gue tolak. Sebelum itu pun beberapa kenalan gue di kampus maupun luar kampus juga banyak yang suka K-POP maupun Drama Korea tapi gue masih enggak bergeming. Saat itu cuma CN BLUE yang gue suka dan mereka band. Dan gue sangat suka karena mereka juga punya album Jepang. Di saat itu gue masih berpikir jika boyband itu “kurang” dari segi lagu dan kemampuan. Iya sih mereka itu tampan tapi seorang penyanyi yang dinilai tentu bukan “tampang” kan?

Saat di FABA pun gue belum goyah sampai akhirnya ada seorang anak SMA yang mencoba “meracuni” gue tentang BTS. Dia bilang BTS itu orang-orangnya “gesrek”. Mereka lucu dan enggak jaim dan lain-lainya. Saat dijelasin kaya gitu sebenarnya gue belum penasaran. Bahkan sampai beberapa minggu gue enggak mencoba cari tahu siapa itu BTS.  Tapi suatu hari entah kesambet apaan, gue iseng liat mv BTS yang berjudul Blood, Sweat & Tears dan I said to my self “WTH this music and video, OMG! That’s like.. Ohh I can’t explain it”. Gue jatuh cinta sama BTS. Gue mulai cari tahu tentang lagu itu beserta albumnya yaitu WINGS dan mereka bertujuh punya nyanyi solo di album WINGS. Setiap lagu solo itu gue dengerin dan ya Tuhan lagunya keren banget dari segi lirik maupun musik. Suara mereka juga beda-beda, setiap member punya khas. Gue mulai nyari mereka di Weekly Idol (variety show Korea) dan aksi mereka kocak abis. Kalau enggak salah itu sekitar bulan Februari 2017 tragedi ini dimulai dan langsung kepincut banget sama Suga.

Bulan Februari lalu mereka comeback dengan album baru mereka You Never Walk Alone dan di album itu ada lagu solo mereka bertujuh!  Argghhhhhhh! What happen to my life?! Tapi di saat itu gue masih belum mikir untuk beli album itu apa lagi sampai gimana-gimana banget sama BTS. Masih mikir ya udahlah, download saja. Apa lagi saat itu masih merasa sendiri dan enggak tahu arah jalan pulang. Maksudnya, gue enggak tahu gimana untuk dapatin album mereka dan lainnya.

album FOR YOU (@bonekabadut)
foto Suga dari Pilu Senpai

Suatu hari gue mulai chatting’an sama Pilu senpai. Gue enggak gitu inget awal mulanya kenapa, pokonya tiba-tiba gue bilang kalau gue kepincut BTS dan tiba-tiba dia nawarin gue single album BTS yang japanese version, FOR YOU. Saat itu gue hilang akal, tanpa rasa apa-apa gue nerima tawaran itu dengan bahagia. Kalau enggak salah kita janjian di sebuah stasiun seminggu setelah Pilu senpai nawarin album itu. Saat itu gue di rumah sendiri, dengan hati bahagia gue menuju stasiun itu dimana Pilu senpai sudah nyampai duluan. Gue sangat berterima kasih sama Pilu senpai yang berbesar hati memberikannya. Saat di angkot menuju pulang, gue kaya orang gila, pengen senyum-senyum sendiri tapi untung bisa gue tahan. Lebih greget lagi pas gue liat di kantong itu isinya bukan cuma album BTS tapi ada fotonya Suga. Oh God!

Gue suka sama lagu mereka di album For You ini apalagi japanese version ya, gue lebih terbiasa saja dengar bahasanya. Gue meras terberkati banget.

album YNWA
standee

Pilu  senpai bimbing gue untuk mengenal BTS dan Army lebih dekat. Dia banyak jelasin hal-hal yang berhubungan dengan official member, album, lagu, program BTS salah satunya BTS RUN, dan juga masing-masing member BTS itu sendiri. Dan gue juga mulai cari tahu tentang lagu mereka, oh ternyata mereka berbakat ya. Rap Monster yang ternyata sudah jadi rapper dari umur belasan tahun. Fakta kalau mereka membuat lagu mereka sendiri. Mixtape Rap Monster dan Suga yang sangat luar biasa. Gue juga melakukan “penjelajahan” sendiri sama MV strory tentang The Most Beautiful Moment in Life. Dan itu membuat gue sedikit frustasi dan minat buat mikirin “teori” Big Hit tapi makin ke sini gue makin bisa nerima itu.

Karena BTS baru comeback, mereka ngadain konser di berbagai negara termasuk Indonesia. Iya Indonesia! Tanggal 29 April lalu mereka konser di Indonesia dan tentunya gue nggak nonton. Gue rakjel :’)

Karena tahu kalau gue gak mungkin bisa ikut nonton konser, bulan Maret pun gue mulai tanya Pilu senpai mengenai album YNWA yang pada saat itu hampir sudah tutup PO semua. Pilu senpai sudah beli yang right version (pink). Lagi lagi atas bantuanya gue bisa dapetin album YNWA yang left version (mint) dengan harga yang sangat masuk akal, dapat picnya Suga, dapat standee (ini hanya untuk rilisan pertama), dan poster, bahkan gue dapat dua poster (versi pink dan mint) tentunya poster right version itu punya Pilu senpai ya. Walau unsealed karena untuk milihin pic member yang ada di dalam album, tetep saja bahagia banget masih kebagian picnya Suga!

Temannya Pilu senpai rencananya bakal ngasih itu album ke Pilu senpai pas BTS konser di Bangkok. Tapi sayangnya dia lupa. Dan ya, gue harus nunggu sampai konser BTS yang di Jakarta yaitu akhir bulan April. Dapetin sesuatu yang rare itu memang perlu perjuangan.

Selama Pilu senpai di Bangkok, dia dengan baik hati mengerimkan video singkat konser BTS hari pertama. Oh Tuhan, suatu saat ku ingin ada di sana. Pilu senpai juga kirim video suasana cafe BTS yang ada di Bangkok. Mulai hari itu Bangkok menjadi list kota yang gue mau datangin kelak. Hahahahhaha~

Pertemuan transaksi album YNWA ini juga di stasiun. Sehari setelah BTS konser di Jakarta. Obat karena enggak bisa nonton Wings Tour BTS di Jakarta. Ini gue sebenarnya enggak enak banget sama Pilu senpai, karena dia belum balik ke rumah, dia dari hotel dekat tempat BTS konser. Namun perjalanan transaksi belum selesai sampai di sana karena poster masih di rumah Pilu senpai.

poster right version
poster left version

Akhirnya kita janjian lagi untuk transaksi poster BTS album YNWA. Janjiannya bertepatan dengan Ennichisai hari kedua dan hari itu juga ada acara Korea di Mangga Dua Square. Karena kemarinnya gue sudah jalan-jalan di Ennichisai hari pertama, tentunya niatan gue cuma buat ambil poster lalu pulang. Kita ketemuan di stasiun Kota Jakarta, dan gue tergoda untuk ikut ke Mangga Dua Square karena ada Special Perform boyband Jepang bernama Addiction yang mau cover’in Blood Sweat & Tears dan FIRE nya BTS . Gue belum tahu mereka kaya apa pada saat itu dan pas liat performnya, mantap jiwa liat senpai rasa oppa.

Tapi enggak tahu kenapa saat di sana gue enggak tertarik sama stand-standnya. Tapi kalau di rumah kenapa khilaf liat olshop :’). Gue beli custom case, gambar Suga dari @hellosunyz. Gue juga beli BTS paket dari @shiningstarshop yang isinya itu foto polaroid BTS, keychan, kalender, banner, dan lainnya. Lumayan untuk pajangankan. Dan hari ini gue mesen iring BTS hiphop monster Suga juga.

bts paket

Gue sangat bangga bisa jadi bagian dari BTS yaitu sebagai Army, mereka menang Top Social Artist di Billboard 2017. Dari yang dulunya gue enggak peduli Billboard itu apa dan enggak peduli idola gue menang atau enggak, sejak ketemu BTS gue bantu ngvote mereka via twitter maupun situs Billboard. Gue bangga sama mereka karena walau mereka dari perusaan kecil dan dulunya itu dipandang rendah. Termasuk gue, dulu liat mereka itu alay banget dan enggak tertarik karena gue enggak tahu lagu mereka, enggak tahu mereka. Sekarang gue mulai tahu tentang lagu mereka yang sangat bagus, banyak hal yang bisa diambil dari lirik lagu mereka. Teori yang sangat ngejual. Sifat mereka yang enggak jaim dan dibuat-buat. Perjuangan mereka tentunya, gue tipe orang yang enggak peduli orang itu punya bakat atau enggak, gue cuma liat perjuangan orang yang dari bukan siapa-siapa jadi siapa-siapa.

Tapi kadang gue mikir, sampai kapan gue bakal jadi Army? Apa lagi umur gue sudah kepala 2, dan pandangan orang terhadap penyuka K-POP itu masih “kurang baik”. Belum lagi logika gue berpikir, mereka juga enggak akan selamanya menjadi sebuah grup, pasti ada suatu ketika mereka harus berkarir di jalan mereka masing-masing entah karena faktor usia atau lainnya. Selain itu gue juga mikir, apa gue bakal jadi official army atau sebagai army biasa?  Saat mikirin hal itu gue jadi sedih, kenapa semuanya enggak bisa abadi di dunia ini. Tapi di suatu sisi gue seneng, karena menjadi army salah satu the most beautiful moment in life. Semoga tahun depan bisa jadi offcial army, amin!

Oh iya, 13 Juni 2017 nanti BTS ulang tahun yang ke 4. Semoga mereka semakin berjaya dan kita semua juga berjaya! Amin!

 

Tinggalkan Balasan

