Belajar Kanji dengan Mnemonic Pictures

Mnemonic berasal dari bahasa Yunani, “Mnemosyne”, yaitu Dewi Memori bangsa Yunani. Yang dimaksud Mnemonic adalah menghafalkan sesuatu dengan “bantuan”. Bantuan tersebut bisa berupa pengandaian dengan benda, singkatan , atau “linking” (mengingat sesuatu berdasarkan hubungan dengan suatu hal lain), dan masih banyak metode lain. Contoh Mnemonic adalah “MEJIKUHIBINIU” (Merah- Jingga- Kuning- Hijau- Biru- Nila- Ungu). “MEJIKUHIBINIU” contoh mnemonic yang sering kita gunakan sedari kecil untuk menghafalkan ketujuh warna pelangi.

Bagaimana jika metode mnemonic digunakan untuk belajar kanji? Pasti sangat menyenangkan ya. Mempermudah kita untuk menghafal dan tentunya menjadi lebih menarik.

The Japan Foundation meluncurkan sebuah aplikasi yang bernama “Kanji Memory Hint 1”. Dengan menggunakan mnemonic pictures, membuat belajar kanji menjadi lebih mengena diingatan pembelajarnya. Beberapa kanji memang terbentuk dari rupa benda itu sendiri, sehingga belajar kanji dengan mnemonic pictures cukup tepat.

depan
bagian depan Memory Hint 1

Kanji Table berisi kanji-kanji yang ada di aplikasi ini. Jumlahnya memang tidak terlalu banyak ya. Lebih cocok untuk pemula, tapi tidak salah juga digunakan oleh yang bukan pemula.

kanji-table

Pembelajaran Memory Hint terbagi menjadi dua yaitu By Topic dan Kanji Check. Jika By Topic erdasarkan topik, kanji dikelompokan sesuai topiknya masing-masing. Sedangkan jika Kanji Check itu list kanji dengan tiga keterangan meaning, reading, picture. Ketiga keterangan itu bisa kalian hapus jika ceklist di atas kalian hilangkan.

Dibawah ini adalah tampilan By Topic.

by-topic

Tombol kiri berfungsi untuk menjalankan animasi. Jadi gambar ikan itu lama kelamaan berubah menjadi bentuk kanji “sakana”.

Kanji Check tampilannya seperti di bawah ini. Ada tiga “ceklist”, jika kalian hapus maka keterangannya akan hilang. Misal, saya hapus yang meaning, maka kata fish, meat, egg dan seterusnya akan hilang.

kanji-check

Seperti pada gambar pertama, selain materi belajar di aplikasi ini juga terdapat game. Ada dua game yang bisa kalian pilih yaitu :

game

Kanji Memory itu seperti game kartu. Untuk lebih jelas, lihat gambar di bawah ya :

pilih-kanji-memory

Sedangkan Kanji Catch kalian harus mengarahkan kanji ke jawaban yang benar. Untuk caranya sama dengan Kanji Memory. Kanji Catch juga memiliki reward stamp kanji lho. Menurut saya malah lebih sulit Kanji Catch dari pada Kanji Memory.

Untuk teman-teman yang benar-benar baru belajar bahasa Jepang, selain Kanji Memory Hint 1, The Japan Foundation juga meluncurkan Hiragana Memory Hint dan Katakana Memory Hint lho. Tidak kalah menariknya dibandingkan Kanji Memory Hint. Belajar hiragana dan katakana menjadi lebih menyenangkan dengan gambar-gambar yang “memancing” ingatan kita. Selain itu, untuk hiragana dan katakana memory hint tersedia dalam tiga bahasa, yaitu bahasa Inggris, bahasa Thailand, dan bahasa Indonesia. Jika kanji memory hint baru ada bahasa Inggris saja.

Gimana? Tertarik untuk mengunduh aplikasinya? Dari pada mengunduh hal-hal yang kurang bermanfaat, lebih baik mengunduh aplikasi yang menunjang kemampuan diri. Apalagi aplikasinya gratis. Selamat mencoba ya!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s