Ujian Online Kemampuan Bahasa Jepang dengan J-CAT

Rekomendasi situs dari Citra senpai. Situs yang sangat berguna untuk pembelajar bahasa Jepang, khususnya yang sedang persiapan untuk JLPT.

J-CAT (Japanese Computerized Adaptive Test) adalah situs ujian online bahasa Jepang. Seperti JLPT, J-CAT hanya bisa digunakan 2 kali dalam setahun, lebih tepatnya 6 bulan sekali. Jadi jika kita mengikuti ujian di J-CAT pada bulan November maka 6 bulan kemudian kita baru bisa melangsungkan ujian di J-CAT lagi. Soal yang ada di ujian ini juga terdiri dari listening, grammar, reading dan vocab. Bentuk soal juga berupa pilihan ganda. Di situs ini juga terdapat waktu dalam pengerjan soal, jadi benar-benar ujian online. Durasi sekitar 45 -90 menit. Gunakan PC untuk mengikuti ujian on line ini.

J-CAT juga mengeluar nilai/hasil ujian setelah kita menyelesaikan ujian. Hasil ujian ini juga dapat digunakan seperti sertifikat JLPT. Terkadang ada beberapa syarat yang meminta dilampirkannya hasil ujian di J-CAT. Tampilan hasil ujian di J-CAT juga lengkap, selain itu kita jadi tahu kemampuan bahasa Jepang kita setaraf dengan level JLPT yang mana.

Karena sistem online, ujian ini bisa dilakkan dimana saja dan kapan saja. Hal ini dapat memunculkan kecurangan dalam pengerjaan soal ujian. Bisa saja ujian dilakukan oleh orang yang mahir berbahasa Jepang atau bisa saja kecurangan dengan membuka buku pelajaran.

Untuk dapat melakukan ujian di J-CAT, harus registrasi lebih dulu. Kunjungi j-cat.org dan pilih bahasa pengantar yang kalian dapat mengerti. Pilih for individual lalu akan ada tes suara, sudahkah suara terdengar dengan baik atau tidak.

tampilan-depan-j-cat
tampilan awal J-CAT

 

setelah-klik-individual
tampilan setelah “for individual”, ada pengecekan internet dan suara

 

setelah-tes-suara
klik tombol hijau jika kualitas suara sudah baik, jika suara kurang terdengar jelas kalian bisa klik tombol biru untuk mengulang, tapi pastikan volume pc kalian menyala ya

 

klik-next-setelah-ok-suaranya
klik register jika pengecekan suara sudah selesai

Isi form yang muncul dengan baik dan benar. Gunakan nama asli karena nama akan muncul di hasil nilai ujian. Setelah selesai mengisi form, jangan lupa klik register.

1-resgist
isi semuanya dengan sebenar-benarnya ya

2-resgist

Pendaftaran sangatlah praktis. Setelah mendaftar, akan ada e-mail dari pihak J-CAT menyatakan jika kalian sudah mendaftar. Namun kalian belum bisa log in dan melakukan ujian karena password akan dikirim melalui e-mail 72 jam setelah kalian mendaftar.

screenshot_2016-11-23-13-17-33

Setelah tiga hari, kalian akan mendapat e-mail berisi password. Kalian sudah bisa log in ke J-CAT dan melakukan ujian on line tersebut. Sebelum ujian dimulai, kalian akan diminta untuk merefleksi kemampuan bahasa Jepang kalian sendiri, mungkin ini untuk mensaring soal apa yang akan diujikan ke kalian. Setelah itu ada cek suara lagi dan ujian pun dimulai.

screenshot_2016-11-23-13-17-13

Setelah ujian selesai, skor pun muncul. Hasil ujian lengkap bisa di download berupa pdf dan dapat kalian print. Ini contoh hasil ujian saya :

screenshot_2016-11-23-16-03-33

J-CAT bagi saya cukup berguna untuk try out JLPT karena itu kerjakan soal tersebut sendiri tanpa bertanya ke orang lain apalagi mencari materi di buku. Lakukan ujian J-CAT paling tidak 2 minggu sebelum ujian JLPT sebagai pemanasan dan pengukur kemampuan diri. Jangan lupa juga untuk mendownload hasil nilai ujian ya. Jadi, masih ragu mencoba J-CAT?

Iklan

3 Replies to “Ujian Online Kemampuan Bahasa Jepang dengan J-CAT”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s