Si Gurita Ajaib : TAKOBOTO (Japanese Dictionary)

Kamus adalah benda penting bagi pembelajar bahasa asing, termasuk bagi saya pembelajar bahasa Jepang. Saya perlu kamus bahasa Jepang. Saya punya beberapa kamus bahasa Jepang berbentuk buku, ada yang besar dan ada yang kecil, setiap hari kusiram semua, mawar melati semuanya indah (kok jadi nyanyi?). Kamus tersebut sering saya gunakan saat di rumah. Saat di luar rumah, saya mikir dua kali untuk membawa kamus tersebut karena “repot”, walau ada yang kecil tapi tetap saja akan menyita tempat.

Saya pun mulai mencari aplikasi untuk hp. Install beberapa kamus bahasa Jepang yang menurut komentar sih bagus, tapi pas dicoba kurang memuaskan. Terlebih lagi karena di rumah pasang wifi, saya sangat jarang membeli paket internet untuk hp. Jadi saya lebih senang jika kamus bahasa Jepang tersebut offline.

Pada suatu hari, Koara-san merekomendasikan sebuah aplikasi kamus bahasa Jepang bernama TAKOBOTO. Awalnya saya ragu karena saya belum pernah “nyasar” ke aplikasi bernama itu selama saya mencari kamus bahasa Jepang. Karena terngiang-ngiang di kepala, saya pun mencari aplikasi itu dan ketemulah sebuah aplikasi dengan ikon gurita merah.

screenshot_2016-09-10-21-26-53
tampilan TAKOBOTO saat di playstore

Selain membaca penjelasan mengenai aplikasi tersebut, saya pun membaca komentar para pengguna aplikasi ini. “Menarik juga”, gumam saya dalam hati. Langsung install dan inilah penampakan TAKOBOTO :

halaman-depan-takoboto-clear
tampilan awal TAKOBOTO

Walau menggunakan bahasa Inggris, tidak masalah. Karena aplikasi ini benar-benar memuaskan. Akan saya jabarkan apa sih yang bikin TAKOBOTO wajib ada di hp kamu yang lagi belajar bahasa Jepang.

halaman-depan-takoboto-with-circle

Fokus ke kotak merah. Ini bukan sembarang kamus bahasa Jepang-bahasa Inggris atau bahasa Inggris-bahasa Jepang, karena dua bahasa tersebut bisa jadi keywords tanpa memindah peraturan di aplikasi. Selain itu bisa juga menggukan romaji, kana, ataupun kanjinya. Bagi kamu yang tidak ada aplikasi huruf jepang untuk keyboard, tidak menjadi masalah untuk menggunakan TAKOBOTO.

Kita geser ke kotak coklat, 字 berfungsi untuk mencari sebuah kata dari bushu (radikal) kanji. Misal kita ingin tahu arti dari sebuah kanji yang kita lihat tapi tidak tahu cara bacanya. Otomatis kita tidak bisa mengetik keywords, kita bisa mencarinya dengan melihat bushu kanji itu. Lengkapkan aplikasi ini.

Kotak kuning yang di dalamnya terdapat gambar hati adalah kumpulan kata yang menjadi favorit kita. Saya belum ada yang difavoritin. Hehehe…

kalo-klik-love

Kotak biru, berisi list yang berkategori “favorit” yang sudah saya jelaskan sebelumnya dan ada kategori “history”, yaitu kata-kata yang sebelumnya sudah kita cari. Selain itu kalian juga bisa menambahkan kategori lainnya dengan klik tanda + di atas.

hijau

Kotak hijau, terdapat menu seperti di bawah ini :

screenshot_2016-09-10-19-27-46

Dan yang bikin jatuh cinta sama aplikasi ini adalah penjelasan yang sangat komplit dari sebuah kata yang kita cari. Contohnya saya mencari arti dari kata “taberu”. Saat di klik kata yang kita pilih akan muncul 4 menu baru yaitu “word”, “kanji”, “forms”, “phrases”.

Word berisi kanji kata taberu. Warna hitam merupakan kanji yang sekarang, jadi gunakan kanji tersebut. Terdapat cara bacanya dalam kana dan romaji. Juga ada keterangan jika taberu adalah masuk golongan ichidan doushi dan merupakan kata kerja transitif.

screenshot_2016-09-10-22-10-37

Menu kanji berisi tentang urutan penulisan kanji tersebut. Dilengkapi on-yomi (katakana) dan kun-yomi (hiragana), beserta artinya.

screenshot_2016-09-10-22-10-42

Menu forms berisi tentang perubahan kata kerja dari kata taberu. Benar-benar lengkap dan sangat membantu kita dalam belajar bahasa Jepang.

Menu phrases berisi contoh-contoh penggunaan taberu dalam sebuah kalian, klik show more phrases untuk contoh kalimat lainnya.

screenshot_2016-09-10-22-12-46

Sangat lengkap bukan?

Masih ragu untuk install aplikasi TAKOBOTO?  Aplikasinya free dan offline lho. Bisa belajar dimana saja, ringkas dan lengkap!

TAKOBOTO ini sangat membantu saya. Selain sebagai kamus untuk mencari arti sebuah kata bahasa Jepang, saya juga belajar cara menulis kanjinya. Juga tahu penjelasan lain dari kata yang saya cari tersebut dan yang paling penting adalah penggunaannya dalam sebuah kalimat. Terima kasih banyak Koara-san yang sudah merekomendasikan TAKOBOTO ke saya.

4 Replies to “Si Gurita Ajaib : TAKOBOTO (Japanese Dictionary)”

    1. Hallo salam kenal, pasti saya mampir 😊

      Dari dua app yang kamu sebutkan,saya cuma pernah pakai JA sensei.
      Antara takoboto dan JA sensei agak berbeda, tp saya pribadi paling “sreg” sama takoboto

Tinggalkan Balasan

