Suplemen Belajar Kanji Jepang

Judul Buku                  :  Metode Praktis Menguasai Kanji (Dasar-Dasar Pemahaman Tulisan Jepang)

Penulis                         :  Parastuti, M.Pd., M.Ed.

Halaman                      :  192

Penerbit                       :  Genta Group Production

Harga                           : Rp 48.000,00

ISBN                             :  978-602-6991-12-6

Rate                              :  8/10

buku

Suplemen belajar kanji? Wow!

Masih ingat postingan saya tentang Vitamin Bahasa Jepang bagi Pembelajar Bahasa Jepang?  Ibarat kata, buku ini adalah suami dari buku Joshi no Nihongo.

Seperti pada judul buku “metode”, buku ini bukanlah buku belajar kanji seperti Kanji Basic Book atau latihan kanji pada umumnya yang menyajikan beberapa kanji lengkap dengan urutan penulisan tiap kanji. Buku ini menyajikan metode belajar kanji yang praktis. Jadi untuk pembelajar kanji, buku ini hanya sebagai suplemen dari buku (text book) kanji.

Di awal buku, kita akan diberi informasi mengenai “apa itu kanji?”, kanji dalam keseharian orang Jepang dan lainnya. Penjelasannya cukup singkat jadi tidak membuat “ngantuk”. Di bawah ini salah satu kutipan yang saya ambil dari buku Metode Praktis Menguasai Kanji (Dasar-Dasar Pemahaman Tulisan Jepang).

Kanji adalah huruf yang mengandung makna karena dalam satu huruf terdapat satu simbol. Berbeda dengan huruf yang lain, misalnya huruf latin yang mengandung bunyi. Huruf latin jika dirangkai akan menghasilkan sebuah makna dari sebuah kosakata. Coretan kanji sangat unik. Bisa jadi kanji yang terlihat “mbulet” dengan belasan coretan hanya memiliki makna yang sederhana. Tetapi ada juga kanji yang terlihat sederhana dengan hanya beberapa coretan namun memiliki makna yang dalam. -Parastuti-

Dari buku ini pula saya baru tahu ada istilah “kanji no bubun” (bagian-bagian kanji) yang terbagi menjadi dua, yaitu :

  1. Katadori Moji (kanji utuh dengan satu makna), yang terbagi menjadi 13.
  2. Awase Moji (bagian kanji yang berfungsi sebagai komponen dari suatu kanji). yang terbagi menjadi 13.

Dibagian pertama buku ini diberikan beberapa contoh kanji. Bukan hanya kanjinya saja namun gambar dari mana kanji itu berasal. Serta makna di balik kanji-kanji yang dicontohkan. Tentu buku ini berbeda dengan textbook kanji lain. Buku ini mengingatkan saya dengan buku kanji “LOOK AND LEARN”. Ilustrasinya membuat menarik, cara membahasnya juga sangat berbeda dan membuat kita berimajinasi.

 

Selain kanji no bubun, dibagian kedua terdapat “kanji no bushu” (akar kanji). Ini pasti sudah tidak asing ya terutama bagi yang sudah cukup lama belajar kanji. Di buku Metode Praktis Menguasai Kanji (Dasar-Dasar Pemahaman Tulisan Jepang) bukan hanya dijelaskan pengertian atau macam-macam bushu saja. Tapi menjelaskan makna dari masing-masing bushu dan cara menghafal sebuah kanji yang memiliki bushu tertentu. Cara menghafalnya dengan membuat “cerita” dari kanji tersebut.

buku 3
sumber : Metode Praktis Menguasai Kanji (Dasar-Dasar Pemahaman Tulisan Jepang)

Dibagian ketiga dijelaskan mengenai cara lain menghafal kanji.Alternatif yang disajikan dibuku ini, yaitu :

  1. Cara menghafal dengan fokus pada pembagian dari satu huruf kanji.
  2. Cara menghafal dengan mengenali bebagai macam urutan coretan.
  3. Cara menghafal dengan memahami keterkaitan antara kanji dan katakana
  4. Cara menghafal dengan menggali atau membuat cerita-cerita menarik dari kanji

Bukunya unik, pertama kali liat buku kanji yang penulisnya orang Indonesia dengan penjelasan yang “berbeda” dan menarik. Namun, seperi yang saya bilang tadi, buku ini sebagai suplemen, bukan sebagai “makanan utama”. Karena tidak menyajikan list kanji beserta urutan penulisannya.

Buku ini cocok untuk pembelajar bahasa Jepang formal maupun otodidak. Karena memang mudah dipahami. Mungkin ini bisa menjadi solusi bagi pembelajar kanji yang mulai “eneg” dengan kanji.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s