Belajar Bahasa Jepang Seru dengan Shiritori

Belajar bahasa Jepang adalah salah satu kegiatan positif untuk menghibur diri, menurut saya. Kali ini, belajar bahasa Jepang enggak pakai mahal bahkan enggak pakai bayar. Cuma perlu punya smartphone dan kuota.

Saya suka banget searching tentang bahasa Jepang. Di blog-blog gratis banyak kok orang-orang dermawan yang mau share materi bahasa Jepang dan salah satunya blog SHIRITORI di official blognya  yaitu https://shiritoriofficial.wordpress.com/. Dari blog itu saya mulai kepoin shiritori dan berbuah hasil.

LINE, salah satu aplikasi chatting di smartphone yang sudah menjamur di Indonesia. Ternyata di LINE ada official acount SHIRITORI (@shiritori_offcl). Shiritori ini kalau menurut saya adalah wadah bagi pembelajar bahasa Jepang dari tingkat 0, karena di OA tersebut tersedia materi-materi bahasa Jepang dari tingkat dasar dan juga tentang budaya Jepang. Lengkap deh pokoknya. Dari pada kepoin account line mantan, mending kepoin OA shiritori.

Enggak berhenti di situ. Setelah kepoin OA shiritori dan blognya, ternyata ada perekrutan member shriritori. Para member akan diseleksi oleh owner sekaligus sensei di shiritori, panggilannya Yumeko sensei. Pendaftar yang lulus seleksi akan diumumkan di blog maupun OA. Bagi yang lulus, akan dimasukkan ke grup diskusi shiritori lho.

12714089_789076221199027_1763441396_n

Di grup diskusi itu kita bisa sharing apapun tentang bahasa maupun budaya atau apapun tentang Jepang, asal enggak OOT ya. Di situ kita juga bisa bertanya tentang kesulitan kita belajar bahasa Jepang, free lho. Nanti sensei atau admin lain atau member lain akan menajwabnya.

Nah, ternyata shiritori itu punya program kerja tiap harinya. Tiap hari Jumat atau Sabtu, ada kelas menengah. member yang sudah menguasai huruf Kana lah yang boleh join di grup kelas menengah. Di grup kelas menengah kita akan diajarkan tentang kanji maupun bunpou secara cuma-cuma sama Yumeko sensei lho. Kurang keren apa coba.

Setiap hari Minggu ada kaiwai days. Para member mengirim voice note ke grup shiritori. Nanti akan dibenahi sama para sensei dan senpai.

Selain itu, ada program kerja baru. yaitu catatan mingguan. Bukan diary kehidupan sehari-hari ya. Tapi diary tentang bahasa Jepang, di catatan mingguan, kamu diminta untuk mensubmit materi jlpt atau bunpou atau kanji. Submit dilakukan mulai hari Selasa sampai hari Minggu. Lalu di hari Senin Citra senpai selaku admin yang mengurus catatan mingguan akan dibuat PDFnya dan akan di share di grup diskusi shiritori. Jadi dengan kata lain, para member saling sharing mengenai bahasa Jepang yang dipelajarinya di minggu tersebut.

Jadi masih bingung belajar bahasa Jepang di mana?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s