Hasil Nihongo Nouryoku Shiken Desember 2015

Nihongo nouryoku shiken adalah ujian kemampuan bahasa Jepang. Dan tahun lalu gue ikut N4 (level terendah kedua dari noken). Dan hari ini tepatnya tanggal 27 Januari 2016, hasil noken pun diumumkan via online.

Dari semalam gue sudah enggak tenang dan ternyata hasilnya pun tidak menenangkan. Ya, gue enggak lulus haghagahag…

Rasa kecewa, kesel, dan pengen ketawa itu pasti ada. Tapi kalau diflashback, gue belum mempersiapkan “ilmu” dengan benar. Karena kesibukkan skripsi yang sampai sekarang belum juga ada kemajuan. Well, kalau gue terpaku sama “alasan” itu maka gue hanya menyalahkan kewajiban gue untuk mengerjakan skripsi. Sebenarnya yang salah itu diri gue sendiri yang MALAS untuk belajar bahasa Jepang yang digadang-gadang passion gue.

Tapi hikmah dari ketidak lulusan gue adalah gue mulai merasa harus jadi lebih baik. Gue enggak mau kalah, dan gue mau benar-benar serius untuk mempersiapkan noken di tahun 2016 ini. Ya, gue mau nyoba N4 lagi.

Yang bikin gue enggak berlarut dari rasa kecewa karena gue sudah bilang sama diri gue untuk tidak membesar-besarkan dan tidak merasa tertekan dengan apapun hasil yang keluar “ASHITA GA ARU KARA”. Selain itu, cuma kurang 2 score untuk mencapai batas minimal score kelulusan.

Tapi jujur sih, N4 kemarin gue rada shock sama soalnya haghaghag.. betapa malasnya gue sehingga bahasa jepang gue ya gitu-gitu saja.

Ini tampilan hasil noken gue :

Capture

Kayanya gue harus beli headset yang benar dan banyak-banyak denger percapakan di kuping ini. Dan untuk grammar, harus sering ke Japan Foundation kayanya.. haghaghaghag..

Akhir kata, selamat untuk yang lulus~ dan untuk yang belum lulus, ayo kita ikut lagi tahun ini! YEY!!!!

fugoukaku

One Reply to “Hasil Nihongo Nouryoku Shiken Desember 2015”

Tinggalkan Balasan

