HUT RI-70, Paduan Suara “MERAH PUTIH” Bersama Teater Enjuku

Tepat pada tanggal 17 Agustus 2015, bangsa Indonesia dengan bangga merayakan hari Kemerdekaan yang ke 70 tahun. Semua bangsa di penjuru Indonesia merayakan dengan caranya sendiri-sendiri. Ada yang lomba tujuh belasan, konvoi, mengikuti upacara, dan yang lainnya.

Ngomong-ngomong tentang lomba tujuh belasan, gue cuma pernah satu kali ikut lomba saat masih SD, itupun lomba makan kerupuk dan gue menang juara 2. Setelah itu gue tidak pernah berani untuk ikut lomba lagi karena sifat malu gue yang melebihi batas normal.

Tapi untuk di tahun ini, gue merayakan hari Kemerdekaan Indonesia dengan menjadi volunteer di acara “Paduan Suara 500 Pemuda-Pemudi Indonesia” yang diselenggarakan oleh teater Enjuku. Gue tahu tentang kabar ini dari Koara san (Feny), tapi malah dia enggak jadi ikut karena jadi panitia tujuh belasan di rumahnya.

Walau sempet bimbang ke sana naik apa, kita memutuskan untuk naik kereta. Gue, Kuma san (Hasti), Oni san (Hanafi), Kame san (Runi), dan kak Sekar pun janjian di stasiun Pasar Minggu. Lalu kita transit di Manggarai buat menuju ke Klender, di sana Lianti sudah menunggu dari tadi. Dari Klender kita naik kopaja 47 lalu 03, sampai deh setengah jam sebelum acara di mulai (09.30 WIB).

Di depan gerbang sudah ada panitia yang standby buat ngecek nomor urut para volunteer. Dan ternyata di depan gedung itu sudah banyak banget para peserta yang sudah hadir, karena belum diperbolehkan masuk ke dalam gedung, kita semua duduk di pelataran gedung kira-kira 40an menit. Tapi untungnya sih mahasiswa Enjukunya ramah-ramah.

Jam 10 lebih, para peserta diminta untuk daftar ulang lalu di kasih pin, selembar info, selembar angket, dan kupon mini bento. Terus kita disuruh nitipin tas di aula dan duduk rapi di bawah, sedangkan tamu yang mayoritas orang Jepang duduk di kursi di belakang kita.

1439805073631

Pembukaan oleh dua orang MC yang juga mahasiswa Enjuku lalu dilanjutkan sama presentasi mengenai keamanan oleh pihak yang punya tempat, gue lupa namanya ibu siapa. Setelah itu, ada pertunjukan teater oleh mahasiswa Enjuku. Ini acara yang gue nantikan, dan katanya teater yang dibawain kemarin itu perdana lho, judulnya “Jakarta Life Story”. Dan gue terkagum-kagum sama kemampuan para mahasiswa Enjuku, “SUGEE” cuma itu yang terucap dari mulut gue saat nonton teater mereka.

Teater pun selesai barulah kita di bagi kelompok untuk latihan nyanyi Merah Putih. Kelompok berdasarkan bulan, gue panik karena dari ke 5 teman gue enggak ada yang bulannya sama dengan gue. Latihannya sulit, bukan masalah nada atau liriknya, tapi ekspresi dan koreonya. Di suruh senyum dan muka bangga, itu sulit banget buat gue. Dan enggak bisa.

Hampir 40 menit latihan, shooting pun dimulai. Kita semua baris sesuai kelompok dan nyanyi bersama dengan koreo yang sudah dilatih tadi. Shooting enggak berjalan mulus, 5 atau 6 kali kita nyanyi itu untuk dapatin hasil yang diinginkan sama sensei di teater Enjuku itu. Konyolnya lagi ada cewe yang di sebelah gue tiba-tiba mau pingsan gitu. Dia jongkok saja, gue juga bingung mau bantuin lagi dalam pertengah nyanyi, akhirnya itu cewe di bawa ke belakang.

Shooting pun selesai, kita foto bersama tapi gue enggak ke foto karena depan gue malah berdiri 3 orang cewe padahal sudah diminta untuk duduk. Untung gue bukan banci kamera.

Setalah selesai, kita pun diminta buat nukerin kupon mini bento.

Dan tentunya karena kemungkinan ini adalah event terakhir bersama Oni san di Jakarta, gue minta untuk foto bersama dengan 5 teman gue itu. Oni san adalah anggota BD generasi 4 bersama dengan Kame san. Oni san dapat beasiswa di Universitas Brawijaya jurusan sastra Jepang. Cukup berat nerima kenyataan ini, karena yang ngurusin BD siapa jadinya, tapi itukan masa depan dia. Dan waktunya buat gue juga untuk berjalan ke masa depan gue, walau cukup terlambat.

Teater : https://www.youtube.com/watch?v=lbGA_S523MY

Paduan Suara : https://www.youtube.com/watch?v=T2JRVCM2FZ8

kore
(Hanafi, Runi, Sekar, Lianti, Hasti, Gue)
2 Replies to “HUT RI-70, Paduan Suara “MERAH PUTIH” Bersama Teater Enjuku”

Tinggalkan Balasan

