Review : Kamus Kanji Modern – Jepang Indonesia (Andrew N. Nelson)

Judul Buku                   :  Kamus Kanji Modern – Jepang Indonesia

Penulis                         :  Andrew Nathaniel Nelson

Halaman                      :  1109

Penerbit                       :  Kesaint Blanc

ISBN                             :  979-593-044-3

library

Sampai saat ini menurut saya, kamus kanji dalam bahasa Indonesia yang terlengkap dibandingkan kamus kanji dalam bahasa Indonesia lainnya. Ukurannya cukup tebal dan berat namun sebanding dengan isinya.

Di bagian cover depan dalam, terdapat 214 bushu (radikal kanji). Kamus ini cukup sulit untuk digunakan oleh pemula karena cara mencari kanjinya berdasarkan bushu bukan cara bacanya.

Keistimewaan kamus kanji modern – Jepang Indonesia :

  1. Berisi sekitar 5.000 karakter yang telah diseleksi secara cermat dengan 10.000 cara baca masa kininya dan hampir 70.000 karakter gabungan yang dipakai saat sekarang, yang semuanya didefinisikan dengan bahasa Indonesia.
  2. Disusun secara ilmiah menurut system karakter tradisional yang telah dikembangkan secara logis sehingga sangat mudah dalam mencari suatu karakter tertentu dan juga sangat hemat waktu.
  3. Memberikan kemungkinan untuk mencari karakter dengan cepat, baik karakter yang tradisional, modern, maupun yang sangat berubah bentuknya, sehingga sangat berguna untuk membaca karya sastra sebelum maupun sesudah perang.
  4. Mencakup 14 apendisk yang tak ternilai harganya seperti (1) cara penggunaan kamus ini yang efesien, (2) uraian tentang bahasa tulisan pada umumnya, terutama modifikasi resmi masa kininya yang berjangkauan jauh, dan (3) informasi yang sangat bermanfaat sehinggga pembaca di berbagai bidang ilmu Ketimuran tidak harus mencarinya ke berbagai tempat yang berbeda-beda.
  5. Berisi indeks On-Kun (Apendiks 14) yang membuat kamus ini tidak hanya menjadi kamus bagi para pembacanya tapi juga bagi para penulis.

14 Apindeks yang dimaksud terdiri dari:

  1. Cara mencari karakter (kanji) di dalam kamus ini
  2. Cara mencari kosakata kanji
  3. Cara menentukan karakter dasar, di dalam kamus ini disuguhkan cara baru yang lebih cepat dengan menurunkan DUA BELAS LANGKAH dari Sistem Prioritas Karakter Dasar
  4. Karakter dasar lanjutan (aneka contoh karakter dasar, karakter dasar yang penting, peringatan tentang karakter dasar yang ganjil, karakter dasar yang hilang)
  5. Cara menghitung coretan (kecermatan, rincian coretan yang diabaikan, menghitung karakter dasar induk beserta variansinya)
  6. Petunjuk cepat
  7. Sistem Kana (susunan A-I-U-E-O hiragana, susunan I-RO-HA, perubahan suara, kombinasi Kana)
  8. Daftar historis (dinasti dan periode Cina, periode historis dan seni Jepang, Keshogunan Jepang, nama kaisar dan nama jaman di Jepang)
  9. Nama-nama geografi Jepang (keresiden kuno dan prefektur modern, kota-kota berpenduduk lebih dari 100.000 jiwa (1960), aneka nama geografi Jepang)
  10. Nama-nama geografi dunia (tempat-tempat di Cina, tempat-tempat di Korea, berbagai tempat di dunia)
  11. Ukuran dan timbangan (ukuran panjang, ukuran luas, ukuran isi, ukuran berat, sistem metrik)
  12. Daftar Touyou Kanji (881 kanji yang penting, 969 karakter yang umum dipakai, 28 kanji pengganti yang disarankan, 92 karakter kanji tambahan untuk nama diri)
  13. Karakter dasar yang digolongkan menurut posisinya
  14. Indeks On-Kun

Kamus ini sangat saya sarankan untuk dimiliki oleh pembelajar bahasa Jepang yang otodidak maupun belajar formal. Memang mula-mula sulit menggunakannya namun makin ke sini makin menarik dan terbiasa.

Harganya bagi saya tidak terlalu murah tapi jika dibandingkan dengan isi dan manfaatnya kamus ini cukup murah. Beberapa tahun yang lalu saya membeli kamus ini seharga Rp 128.000, sekarang harganya sekitar 150 ribu ke atas.

nelson-kanji
sumber : dokumen pribadi
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s