Kegagalan dan Kekalahan yang Membelenggu | DREAM IS A “WALL” THAT SHOULD BE DESTROYED

Ada yang belum pernah merasakan kekalahan dan kegagalan selama hidup?  Jika itu kalian maka sangat disayangkan. Lho? Kenapa? Karena kekalahan dan kegagalan adalah rasa yang unik. Mereka seperti pisau bermata dua. Gue mau kasih tahu beberapa kegagalan dan kekalahan apa saja yang gue alami dan bertahun-tahun membelenggu kehidupan gue.

  1. Saat gue kelas 6 SD, gue gagal mempertahankan rangking 1 di semester 2. Cuma beda 0 koma doang nilainya, sakitnya itu di mana-mana.
  2. Ujian masuk SMP, nilai gue beda 0,2 sama teman sekelas gue tapi kita masuk di SMP yang berbeda karena nilai itu. Gue masuk SMP pilihan kedua dan dia masuk SMP pilihan pertama.
  3. UN SMP lu mau tahu berapa nilai bahasa inggris gue? 6,40
  4. SMK pun gue dapat jurusan Administrasi Perkantoran, pilihan kedua dari pilihan pertama gue Akuntansi.
  5. Masih di SMK, gue yang digadang-gadang mewakili sekolah untuk lomba bahasa mandarin atau bahasa Jepang pun cuma bisa gigit jari. Laoshi gue gak jadi milih gue karena dia merasa gue lebih pro ke bahasa Jepang. Tapi sayang sekali gue gak dipilih juga di bahasa Jepang.
  6. Masih di SMK, tahun 2010 gue juara 2 kanji contest tapi tahun berikutnya gue sama sekali gak menang apapun.
  7. Waktu SMK juga gue pernah ikut lomba KANA CONTEST dan itu pun kalah.
  8. SNMPTN pun gue gagal dan akhirnya gue terdampar di Universitas Swasta yang gak terkenal dan jurusan yang bukan nomor 1 yang gue inginkan.
  9. Dan tahun ini gue pernah ikut lomba kanji tingkat umum di lain kampus dan gue kalah.
  10. dan lain-lainnya.

Banyak banget kekalahan dan kegagalan yang membelenggu gue bertahun-tahun. Tapi sekarang gue mulai sedikit sadar kalau ini jalan yang Tuhan kehendaki. Dan kegagalan dan kekalahan itu bukan salah siapa-siapa, itu juga karena gue yng enggak sungguh-sungguh berusaha.

Aksi=Reaksi

Aksi gue cuma segini maka gue mendapatkan reaksi segitu juga.

Bertahun-tahun terbelenggu dan terpuruk dengan image kalah dan gagal itu. Membuat gue merasa putus asa dan sempet berpikir untuk hidup biasa saja kaya mereka yang cuma mengikuti air mengalir. Tapi beberapa waktu lalu gue nonton dorama Dragon Zakura lagi dan termotivasi lagi. Gue juga lihat pohon mimpi gue, gue juga baca lagi cita-cita dan make a wish gue. Dan terbersit di pikiran gue “kalau gue melupakan impian gue dan berhenti sekarang, maka gue kehilangan tujuan hidup gue lalu buat apa gue hidup kalau gue gak punya tujuan”. Satu-satunya hal yang membuat gue bertahan dengan semua kekalahan, kegagalan, dan kesedihan ini cuma impian-impian gue yang realistis ini.

Gue mau nyoba ikut Noken N4 tahun ini. Dua tahun lalu gue lulus N5 (2x ikut N5, yang pertama kayanya gagal karena gue enggak ngambil hasilnya jadi gak tau dan waktu itu belum ada hasil cek online). Tata bahasa, kanji, dan lain-lain udah menguap dari otak gue. Modal gue cuma nekat dan mau mencoba. Mau gagal it’s ok. Gue udah membuang waktu gue bertahun-tahun untuk galau dengan kekalahan dan kegagalan ini. Waktunya buat berubah, waktunya buat maju dan berusaha.

DREAM IS A “WALL” THAT SHOULD BE DESTROYED, motto yang tertulis di biografi gue (tugas kuliah). Mimpi adalah sebuah dinding yang harus gue hancurkan, menghancurkan di sini maksudnya membuat mimpi jadi nyata. Tuhan, berkatilah kami yang memiliki tujuan dalam hidup.

jika hanya waktu yang bisa menyembuhkan rasa sakit hati karena cinta, maka mencoba lagi dan lagi adalah penyembuh dari rasa sakit karena kekalahan

-boneka badut-

2 Replies to “Kegagalan dan Kekalahan yang Membelenggu | DREAM IS A “WALL” THAT SHOULD BE DESTROYED”

    1. noken atau nihongo nouryokushiken (ujian kemampuan bahasa Jepang)
      semacam toelf tapi ini bahasa Jepangnya
      dan ada 5 tingkatan
      sertifikatnya bisa digunakan buat beasiswa dllnya

Tinggalkan Balasan

