Kejutan Belajar Kanji Bab 1 dalam Intermediate Kanji Book vol.1

Ini hobiku. Mana hobimu?

IMG_20150326_121613

Buku ini saya dapat dari teman saya yang kuliah sastra Jepang. Buku ini “mengerikan” dan membuat saya terkejut setelah membaca isinya.

Seperti buku-buku lain, diawal terdapat cara menggunakan buku ini namun dalam bahasa Jepang dan bahasa Inggris. Sebelum bab satu terdapat “Diagnostic Test of your Kanji Ability”, bagian ini tujuannya untuk mengetahui kemampuan kanjimu dengan tes-tes basic kanji book vol.1 maupun vol.2. Bentuk soalnya beragam dan menarik. Buku ini bisa digunakan untuk pelajar otodidak seperti saya karena terdapat kunci jawabannya, jadi setelah menjawab soal tes kita bisa mengoreksinya sendiri.

Berbeda dengan Basic Kanji Book vol.1 maupun vol.2 buku ini lebih rumit. Awalnya saya tidak tahu bagaimana cara menggunakan buku ini karena saya tidak bisa bahasa Inggris dan masih banyak kanji yang belum bisa saya baca. Sewaktu saya lihat bagian indeks, seperti gambar di bawah ini :

kanji index

Saya kira belajarnya dari indeks yang dikelompokkan sesuai dengan bushu. Namun, setelah saya tanyakan ke teman saya, dia bilang jika perbab ada kanji yang harus dipelajari. Seperti pada bab satu ini :

 kanji bab 1

Akhirnya saya pun mempelajari kanji sesuai dengan babnya. Namun, gambar diatas tidak ada arti, cara baca dan urutan penulisannya. Ternyata angka dibawah kanji itu menunjukkan halaman yang menuju ke bagian indeks. Jadi kita harus membolak-balik buku. Itu tidak masalah bagi saya yang ingin mempelajari kanji. Saya pun berencana untuk membuat ringkasan atau mungkin membuat mind map intermediate kanji bab 1.

Selain lebih banyak kanji yang harus dipelajari dalam perbabnya, di buku ini memiliki kelebihan yang sangat berguna bagi pembelajar kanji yaitu terdapat teori-teori tentang kanji. Pada bab satu dijelaskan pengelompokan kanji yang terdiri dari 4 kelompok yaitu, pengelompokan berdasarkan bentuk (形のグループ), pengelompokan berdasarkan pengucapan(音のグループ), pengelompokan berdasarkan arti(意味のグループ), dan yang terakhir pengelompokan berdasarkan penggunaannya(用法のグループ).

 group

Pengelompokan berdasarkan bentuk (形のグループ)kuncinya adalah pada “bushu”. Seperti yang kita ketahui, terdapat 7 jenis bushu (hen, tsukuri, kanmuri, ashi, nyou, tare, gamae). Untuk lebih memahami apa itu bushu kalian bisa baca di sini di bagian C.

Di basic kanji book kalian pasti sudah pelajari banyak kanji dan dari sekian banyak kanji ada beberapa kanji yang memiliki onyomi yang sama bukan?  Itu yang dinamakan pengelompokan berdasarkan pengucapan(音のグループ). Biasanya kanji yang pengucapannya sama memiliki bentuk yang mirip, contohnya :

 oto

Untuk pengelompokan kanji berdasarkan artinya juga terdapat dalam basic kanji book. Contohnya pada bab 15 merupakan kanji-kanji anggota keluarga, atau pada bab 26 tentang musim, dan sebagianya.

Sedangkan pengelompokan berdasarkan penggunaannya(用法のグループ)yaitu kanji kata sifat i yang ada di basic kanji book bab 8. Ada juga kata kerja pada bab 9 serta akhiran untuk tempat pada bab 19 dan lain-lainnya.

Masih menganggap kanji itu sulit?  Pasti, tapi menarik bukan?  Bagi saya sih menarik karena itu saya terus berusaha. Walaupun basic saya bukan bahasa/sastra Jepang tapi saya terus semangat dan tidak mau kalah dengan yang belajar bahasa Jepang secara resmi. Malahan hal itu yang menjadi “cambuk” ganbaru saya.

Cara cepat menghafal kanji itu tidak ada, yang ada hanya latihan setiap saat. Selain ketekunan dan kedisiplinan kalian juga harus “menyukai” kanji itu sendiri. Pernah nemuin kasus teman kamu diselingkuhin pacarnya tapi masih mau balikkan lagi? Itu karena teman kamu masih suka sama mantan pacarnya, walau sudah dihianati masih saja mau balikkan. Begitupula dengan kanji walau susahnya minta ampun tetap saja dipelajari.

One Reply to “Kejutan Belajar Kanji Bab 1 dalam Intermediate Kanji Book vol.1”

Tinggalkan Balasan

