Strategi Menguasai Kanji

“Jika kamu menyukai sesuatu yang dianggap orang lain sulit . . . .”

IMG_20141228_155209

12 April 2014 yang lalu, saya dan seorang taman sebut saja Saiko pergi ke STBA LIA Jakarta, kampusnya si Saiko. Kita ke seminar kanji yang bertemakan HAVE FUN WITH KANJI. Ya Tuhan, itu adalah seminar yang saya nanti-nantikan. Kenapa?? karena because adalah is.

Karena saya suka banget sama kanji. Tapi saya belum banyak hafal kanji, masih kalahlah sama anak SD di Jepang.

Jadi di seminar itu saya dapat materi yang mau saya share di blog yang enggak ada pengunjungnya ini #skip. Ya semoga ada orang yang lagi belajar bahasa Jepang terus nyasar ke blog ini dan baca postingan ini.

Berikut strategi menguasai kanji yang disampaikan oleh bu Vera Yulianti,MA :

1. Mengasosiasi
  • menghubungkan kanji yang baru dipelajari dengan kanji yang saya sudah tahu.
  • menghubungkan kanji yang baru dipelajari dengan katakana. 利 ―> リ bagian kanan kanji seperti huruf ri katakana dan onyomi dari kanji tersebut adalah ri.
  • menghubungkan kanji yang baru dipelajari dengan simbol lain. 五 ―> 5
  • menghubungkan kanji yang baru dipelajari dengan huruf alphabet.
  • menghubungkan kanji yang terlihat berbeda tapi mempunyai cara baca yang sama.
  • menghubungkan kanji yang sama bentuknya tapi berbeda cara bacanya.
  • membandingkan dan mencari perbedaan kanji yang terlihat mirip agar tidak bingung satu dengan yang lain.
2. Cerita
  • membuat cerita sendiri berdasarkan terlihat seperti apa kanji tersebut di mata saya.
  • membuat cerita sendiri berdasarkan komponen bagian dari kanji.
3. Karakter Dasar Kanji
  • mengelompokkan kanji yang mempunyai karakter dasar yang sama.
  • menghubungkan kanji dengan arti dari karakter dasar kanji.
4. Frekuensi
  • menulis kanji tersebut berkali-kali sampai saya hafal. Kalian bisa menulisakannya di udara.
  • mengingat kanji yang sering saya gunakan.
5. Pengalaman
  • mengingat kanji yang mengingatkan pengalaman pribadi.
6. Visualisasi
  • memvisualisasikan kanji di kepala dan menuangkannya di kertas.
7. Monitor Diri
  • menguji kembali kanji yang saya sering lupa.
  • memperbanyak latihan pada kanji yang sering membingunkan.
8. Rangkaian
  • mengingat kanji sebagai sebuah kanji gabungan yang sering muncul, bukan sebagai kanji tunggal
9. Respon Fisik dan Emosi
  • mengingat kanji dengan melibatkan perasaan ketika menulis kanji.
  • mengingat beberapa kanji karena saya tidakk suka kanji tersebut dengan alasan tertentu.

Di Jepang sana, anak-anak sekolah mempelajari kanji dengan di “drill” dan orang asing seperti kita ini tidak cukup hanya dengan “drill”. Harus mengandalkan mata lalu diulang-ulang (drill) sampai menjadi kebiasaan.

Ganbarimasu!!!

“. . . . berarti kamu keren.”

7 Replies to “Strategi Menguasai Kanji”

  1. Hai,, salam dariku yang juga sedang belajar bahasa jepang. Meski saya dijurusan matematika tetapi saya suka sekali belajar bahasa jepang… 🙂

  2. wah makasih udah di share isi seminarnya ya. tipsnya bener2 padat berisi. lagi butuh trik2 kilat belajar nihongo n browsing2 eh nyantol kesini. sekitar 1 bulan lagi mau menyusul misua ke jepang, jd pengen cepet hafal banyak kanji.. hehe. salam kenal..
    yoroshiku onegaishimasu

Tinggalkan Balasan

